Arung Jeram Sungai Serayu

Arung Jeram Seru Di Sungai Serayu Banjarnegara

Wisata mengunjungi berbagai daerah cantik tentu menyenangkan. Tapi jika dipadukan dengan kegiatan yang memacu adrenalin, tentu yang terjadi adalah keseruan yang mengasyikan. Dan itu bisa didapatkan dengan arung jeram atau rafting di sungai Serayu dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Arung jeram sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga. Namun kegiatan ini bisa dikemas menjadi sebuah paket wisata yang menarik. Tentu sebagai paket wisata, peserta tidak dituntut untuk memiliki keahlian tertentu. Asal mengikuti instruksi dari pemandu, setiap orang bisa berarung jeram ria. Meski begitu, prosedur keamanan seperti memakai peralatan yang memadai harus dipenuhi. Arung jeram, seberapapun amannya, tetap mempunyai resiko.

Sungai Serayu adalah sungai yang membelah Kabupaten Banjarnegara. Sungai ini mempunyai hulu di Tuk Bima Lukar, dataran tinggi Dieng, dan mengalir melewati 6 kabupaten, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto, Banyumas dan Cilacap, sebelum mencapai pantai laut selatan.

Pemanfaatan sungai Serayu telah lama dilakukan, bahkan sejak jaman Hindia Belanda. Pada masa itu, telah ada sistem irigasi yang memanfaatkan sungai serayu seperti sistem irigasi Singomerto, Banjarcahyana dan Sifon. Dan terakhir adalah sistem bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman (Mrica), yang dimanfaatkan sebagai PLTA dan irigasi, yang mengairi lahan pertanian di 3 kabupaten, Banjarnegara, Purbalingga dan Banyumas.

Saat ini di sungai Serayu dikembangkan sebagai tempat wisata. Kegiatan yang sangat tepat untuk dikembangkan adalah arung jeram atau rafting. Sebagai spot rafting, Serayu cukup ideal. Aliran sungai yang relatif stabil sepanjang tahun, sungai yang cukup lebar, jalur rafting yang panjang dan bervariasi serta pemandangan sisi sungai yang memanjakan mata.

Rafting Serayu

Brifing Sebelum Rafting

Tingkat kesulitan rafting di sungai Serayu adalah grade 3. Masih cukup aman untuk pemula, bahkan untuk yang belum pernah sekalipun. Ketika rafting, terdapat banyak riam atau jeram dengan gelombang yang cukup mengejutkan. Tapi disinilah asyiknya arung jeram. Selalu ada moment tak terduga yang membuat kaget dan memacu adrenalin.

Saat ini terdapat beberapa operator arung jeram yang menyediakan berbagai paket rafting dengan harga dan panjang lintasan yang bervariasi. Panjang lintasan berkisar antara 14 km hingga 26 km, dengan waktu tempuh 2-4 jam. Harga paket rafting tersebut sudah termasuk snack, minuman, transport ke titik pemberangkatan dan juga dokumentasi (foto) dari operator.

Sebelum memulai arung jeram, akan ada brifing dan pengarahan dari pemandu tentang bagaimana melakukan rafting yang aman dan mengasyikan. Dan peserta rafting diwajibkan untuk memakai peralatan keamanan standar, seperti dayung, pelampung dan pelindung kepala. Tiap perahu akan dibimbing oleh satu orang pemandu, yang akan memberikan instruksi dan aba-aba selama menyusuri sungai Serayu.

Rafting - Arung Jeram Sungai Serayu

Rafting – Arung Jeram Sungai Serayu

Sepanjang perjalanan, bukan hanya disuguhi berbagai riam yang memacu adrenalin, sisi kiri dan kanan sungai juga penuh dengan pemandangan yang alam yang keren. Ada persawahan yang subur, bukit menghijau dan di kejauhan, terlihat gunung Slamet. Selain itu, Serayu adalah sungai yang bersih. Tidak ada sampah yang hanyut di sepanjang sungai. Airnya sendiri jernih dan cukup dingin. Karena itu, terkena air sungai serayu akan memberikan kesegaran. Segala stress akan hilang, dihapus keseruan dan keasyikan arung jeram Serayu.

Bagaimana, tertarik melakukan rafting yang mengasyikan ini? Jika ya, mengapa tak segera datang ke Banjarnegara dan melakukan arung jeram di sungai Serayu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *