Membuat Keramik

Kisah Keramik Cantik Dari Klampok Banjarnegara

Apa sih yang bisa dijadikan souvenir cantik jika habis melancong ke Banjarnegara? Tiap daerah mempunya produk khas. Dan untuk Banjarnegara, produk khas itu adalah keramik, yang dikenal dengan keramik Klampok.

Keramik Klampok merupakan keramik yang mempunyai sejarah panjang. Klampok adalah suatu wilayah dalam kecamatan Purwareja-Klampok, yang berjarak 35 km ke arah barat dari kota Banjarnegara. Di daerah ini terdapat sentra industri keramik yang telah lama populer. Meski keadaannya pasang surut, namun industri keramik ini masih tetap bertahan sampai dengan saat ini.

Sejarah keramik Klampok adalah sejarah panjang, yang bermula dari jaman penjajahan kolonial. Industri ini mulai berkembang pada tahun 1930 an. Perkembangan pesat mulai terjadi pada tahun 1957, ketika seorang pelopor keramik, Kandar Admowinoto, seorang bekas pegawai sebuah pabrik keramik yang didirikan orang Belanda di Klampok, mendirikan usaha keramik dengan nama Maendalai. Nama Maendalai sendiri merupakan kependekan dari Mendidik Anak Dalam Lapangan Indusri.

Keramik Klampok

Keramik Klampok

Berdirinya Maendalai memicu tumbuhnya industri sejenis di Klampok, yang terus berkembang hingga mencapai puncaknya pada tahun 1980-1990 an. Kala itu, dari 3 perusahaan keramik pada tahun 1960 berubah menjadi 60 perusahaan.

Memasuki pertengahan dekade 1990-an, industri keramik Klampok cenderung surut. Banyak faktor yang mempengaruhi. Namun regenerasi menjadi problem utama. Para pendiri perusahaan yang bergerak sejak 1950-an hingga 1970-an beranjak tua. Keturunannya tak banyak yang mewarisi keterampilan membuat keramik sehingga kesinambungan perusahaannya terhenti. Sebab, keramik bukan hanya soal teknis, namun juga memerlukan sentuhan seni. Ini yang sulit diturunkan pada generasi berikutnya.

Sampai saat ini, tercatat tinggal 11 perusahaan yang masih aktif berproduksi sampai akhir. Meski dari sisi jumlah perusahaan menurun, namun sesungguhnya jangkauan pemasaran keramik Klampok semakin meluas. Hal ini juga dari sedikit generasi berikutnya yang mampu mengembangkan produk keramik. Dari hanya produksi poci dan keramik kecil, hingga memproduksi keramik dengan sentuhan seni yang dominan. Nilai seni menjadi andalan baru dari keramik Klampok. Dan ternyata hal tersebut berhasil, yang terbukti sejak tahun 1998, keramik Klampok mampu menembus pasar international.

Sentuhan seni pada produksi keramik berhasil membangunkan kembali keramik Klampok. Permintaan akan keramik kembali meningkat. Kepercayaan diri pengrajin keramik pun, setelah terpuruk, menaik kembali, seiring dengan semakin terkenalnya nama Klampok. Berbagai produk terus dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Ruang pamer pun didirikan pengarajin di sisi jalan raya Banjarnegara-Klampok. Jadi untuk mendapatkan keramik ini, cukup mudah. Hanya dengan menelusuri jalan raya Klampok, di kanan-kiri jalan banyak terdapat ruang pamer keramik. Gengsi keramik Klampok pun terus terdongkrak. Para perajin kian rajin mengikuti pameran di kota-kota lain.

Dan untuk tetap menjaga kualitas produksi, pengrajin pun terus mengasah kemampuan, baik dalam tehnik produksi maupun dalam desain, sehingga menghasilkan keramik yang bermutu, dengan nilai seni tinggi, yang sangat layak untuk dikoleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *