Dataran Tinggi Dieng

Kunjungi Tempat Wisata Ini Saat Trip Ke Dieng

Dieng merupakan daerah pegunungan yang terletak di 2 wilayah kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Untuk menuju tempat wisata ini dapat melalui 2 jalur, yaitu dari arah Batur, Banjarnegaraatau dari arah Wonosobo. Dua jalur ini cukup asyik untuk dilalui saat melakukan trip ke Dieng.

Trip ke Dieng bukanlah perjalanan menuju satu tempat saja. Ada beberapa lokasi yang wajib dikunjungi. Tempat tersebut, selain indah, juga eksotik. Tempat apa saja itu?

Batu Pandang Dieng

Batu Pandang Dieng

View dari Batu Pandang Dieng

Nama Batu Ratapan angin mungkin kurang populer. Tempat ini lebih dikenal sebagai batu pandang Dieng. Tempat terletak di atas telaga Warna. Jadi dari tempat ini dapat memandang telaga Warna dan telaga Pengilon sekaligus. Maka dapat terbayang betapa indahnya memandang 2 telaga yag sangat terkenal di Dieng ini dari ketinggian.

Tempat batu Ratapan Angin ini memang berada di ketinggian. Untuk mencapainya perlu usaha ekstra. Namun lelah mendaki ini akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Gunung Prau

Gunung Prau

View dari Gunung Prau

Gunung Prau adalah sebuah gunung purba yang meletus dan mengakibatkan terbentuknya dataran tinggi Dieng. Sisa-sisa gunung tersebut masih dapat didaki. Pendakian ke puncak gunung Prau tidaklah setenar pendakian gunung Sindoro atau Sumbing. Namun sebenarnya keunggulan pendakian gunung Prau adalah pemandangan yang indah di sepanjang jalur pendakian.

Untuk mendaki gunung Prau dapat dilakukan melalui 2 jalur, yaitu dari jalur Kendal dan dari kawasan Dieng. Dengan ketinggian 2.565 mdpl. pendakian gunung Prau termasuk pendakian yang tidak tergolong berat. Namun bagi pemula, perlu pesiapan fisik yang baik.

Salah satu spot yang menarik dari pendakian gunung Prau adalah adanya bukit menghijau, seperti pada setting serial anak-anak Telletubies. karena itu bukit ini disebut bukit Telletubies.

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Destinasi wisata berikutnya adalah Telaga Merdada. Telaga ini adalah telaga terluas di dataran tinggi Dieng. Letaknya di desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara. Apabila dilihat dari atas, telaga Merdada terlihat seperti bekas kawah raksasa (kaldera) dari letusan gunung berapi yang terisi air. Hal ini akan terlihat jelas dari ketinggian.

Telaga Warna Dan Telaga Pengilon

Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna merupakan telaga yang paling populer. Sebab telaga ini mempunyai warna air yang berbeda-beda, dari biru, hijau hingga kuning. Warna telaga dapat berubah sesuai dengan arah cahaya matahari. Hal ini terjadi karena adanya kandungan mineral yang ada di bawah telaga. Karena itulah telaga warna ini sangat unik yang membuatnya sangat terkenal.

Tepat di samping telaga Warna terdapat telaga yang sangat jerni. Begitu jernihnya sehingga dapat digunakan untuk bercermin. Karena itulah teaga ini dinamakan telaga Pengilon yang arti cermin. Luas telaga ini lebig kecil dari telaga warna. Dan berada di telaga ini akan sangat sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto. Dan perlu diketahui, pemandangan di kedua telaga ini sangat instagramable..

Candi Dieng

Candi Dieng

Candi Dieng

Candi Dieng merupakan salah satu spot yhang wajib dikunjungi. Adanya candi ini membuat Dieng menjadi salah satu tempat wisata yang menarik, sebab bentuk candi sangat cantik, dan letak antar candi yang relatif berdekatan, meskipun tersebar di berbagai lokasi. Model bangunan candi di sini mengikuti bentuk candi di India dengan ciri khas arca dan relief yang menghiasi bangunan candi.

Komplek candi Dieng adalah candi Hindu. Di sini, nama candi diambil dari tokoh-tokoh dalam cerita Mahabharata, seperti Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan lain-lain.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

View Bukit Sikunir

Sunrise dan sunset adalah 2 moment yang indah. Seringkali orang menikmati kedua moment tersebut di tepi pantai. Namun jika menikmati sunrise diatas gunugn atau bukit, apakah akan mendapatkan pemandangan yang indah? Tentu, bukan hanya indah, tapi juga spektakuler. Dan salah satu tempat yang dapat menghadirkan itu adalah Bukit Sikunir, yang terletak di desa Sembungan, Dieng. Desa Sembungan ini merupakan desa tertinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.200 dpl. Nama Sikunir diambil dari pemandangan sunrise jika dilihat dari bukit ini. Warna langit yang kekuningan seperti kunir (kunyit) membuat bukit ini dinamakan Sikunir.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Kawah aktif selalu mengesankan panas dan mengerikan. Namun tidak dengan kawah Sikidang. Kawah ini dapat dilihat dari dekat, dari bibir kawah sekalipun. Terletak di desa Dieng Wetan, pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah.

Diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.

Di kawah ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang asap kawah yang membubung. Sangat menarik dan instagramable.

Itulah beberapa destinasi wisata di Dieng. Jika melakukan trip ke Dieng, spot tersebut jangan lupa untuk disinggahi..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *